Minggu, 15 Mei 2011

LAPORAN PRAKTIKUM GEOLOGI DASAR MINGGU V


5.1    JUDUL PRAKTIKUM
Peta Topografi
5.2    TUJUAN PRAKTIKUM
     Tujuan yang ingin dicapai dalam acara peta topografi adalah sebagai berikut:
a.    Mampu membuat peta topografi
b.    Mampu menjelaskan penyebaran bentuk dan ukuran muka bumi berdasarkan peta topografi yang dibuat
5.3    ALAT DAN BAHAN
       Alat dan bahan yang digunakan dalam acara ini dapat dilihat pada tabel berikut :        
No.
Alat dan bahan
Fungsi
1.
Pensil warna
Untuk menggambar  dan membuat garis-garis   kontur  pada peta topografi
2.
Protraktor
Sebagai alat untuk membuat peta topografi
3.
Lembaran pengamatan
Untuk menggambar peta topografi

5.4    TEORI
Peta adalah gambaran suatu permukaan datar dari seluruh atau sebagian permukaan bumi untuk memperlihatkan kenampakan  fisik, politik atau yang lainnya yang dihubbungkan oleh  titik-titik dengan skala dan proyeksi tertentu. Peta topografi adalah peta yang menggambarkan penybaran ukuran dan bentuk muka bumi. Gambaran tersebut ditunjukkan oleh garis-garis kontur, yaitu garis imajiner dipermukaan bumi yang menghubungkan titik-ttitik dengan ketinggian yang sama.
Sifat-saiaf garis kontur antara lain : Garis kontur tidak pernah saling berpotongan kecuali dalam keadaan ekstirm  seperti pada tebing yang menggantung; Garis kontuk tidak akan menyambung pada garis lain yang memilki indeks kontur berbeda; gari kontur akan merenggang bila topografi melandai dan akan merapat bila topografi curam; Pada lembah, garis kontur akan meruncing karah hulu   (Firdauss, 2011).
Istilah topografi diambil dari bahasa Yunani (topos yang berarti "tempat", dan graphia, "menulis"), merupakan studi permukaan bumi, maupun planet-planet, bulan dan asteroid.Ada 2 istilah yang sering ditemukan yang berkaitan dengan topografi, yakni ukur topografi dan peta topografi.Ukur topografi adalah pemungutan dan pengumpulan data mengenai kedudukan dan bentuk permukaan bumi. Kaidah-kaidah yang digunakan di dalam ukur topografi antara lain Ukur Aras, Tekimetri, Meja Datar, Fotogrametri dan Penginderaan Jauh.Peta topografi adalah suatu representasi di atas bidang datar tentang seluruh atau sebagian permukaan bumi yang terlihat dari atas, diperkecil dengan perbandingan ukuran tertentu. Peta topografi menggambarkan secara proyeksi dari sebagian fisik bumi, sehingga dengan peta ini bisa diperkirakan bentuk permukaan bumi. Bentuk relief bumi pada peta topografi digambarkan dalam bentuk Garis-Garis Kontur. Peta topografi menampilkan semua unsur yang berada di atas permukaan bumi, baik unsur alam maupun buatan manusia. Peta jenis ini biasa dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan di alam bebas, termasuk peta untuk kepentingan militer, teknik sipil dan arkeologi. Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi atau benda angkasa, yang meliputi perwujudan, letak, maupun data yang berkaitan, seperti tampaknya apabila dilihat dari atas. Sumbernya dapat berupa hasil pengukuran, foto udara, atau citra satelit. Ilmu yang mempelajari peta disebutkar topografi.Di lingkungan sekolah peta berfungsi sebagai alat peraga, media pembelajaran, catatan visual permanen, alat komunikasi dan alat analisis.
Syarat- syarat peta secara khusus syarat- syarat peta
  1. Jelas dan tidak membingungkan
  2. Mudah dimengerti maknanya
  3. Memberi gambaran mirip dengan wujud dan letak yang sebenarnya

Latar belakang topografi adalah peta yang menunjukkan lokasi dan peningkatan fitur alam dan budaya suatu daerah tertentu. warna standar dan simbol telah ditunjuk untuk digunakan pada peta-peta oleh peta rupabumi umumnya berorientasi untuk menunjukkan arah utara di atas topographic maps. Timbangan dan interval kontur pada peta topografi bervariasi  tergantung pada seri peta dan relief (variasi elevasi) dari topografi.
Menggunakan Internet siswa dapat membuat peta topografi untuk setiap wilayah di Amerika Serikat. Siswa perlu untuk memasukkan garis lintang dan bujur atau kode pos untuk membuat peta pilihan mereka.
Tujuan peta topografi yaitu untuk mempelajari tanda-tanda simbol standar dan warna yang digunakan di peta topografi, akrab dengan arah, sisik Jadi, elevasi bacaan, dan cara mencari berbagai fitur pada peta topografi Informasi secara global dari peta; Peta menggambarkan informasi keruangan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan data dapat digunakan kembali untuk keperluan visual. Data yang dimasukkan ke dalam peta dapat berupa simbol-simbolyang berfungsi menggambarkan sebagian atau seluruh permukaan bumi serta kenampakan-kenampakan atau fenomena yang ada. Penulis lain mendefinisikan peta topografi dengan membandingkan mereka dengan jenis lain peta, mereka dibedakan dari skala kecil "peta chorographic" yang mencakup daerah besar "peta planimetrik" yang tidak menunjukkan peningkatan dan " peta tematik "yang berfokus pada topik tertentu. Namun, dalam vernakular dan hari ke hari dunia, representasi lega (kontur) yang populer diadakan untuk menentukan genre, sehingga bahkan peta skala kecil menunjukkan relief yang umumnya (dan keliru, dalam arti teknis) yang disebut "topografi" . sedangkan tertarik lega, sebenarnya yang lebih luas banyak bidang studi yang memperhitungkan semua alam dan manusia membuat fitur dari medan.
Berbagai fitur yang ditampilkan pada peta yang diwakili oleh tanda-tanda atau simbol konvensional. Sebagai contoh, warna dapat digunakan untuk menunjukkan klasifikasi jalan. Tanda-tanda ini biasanya dijelaskan dalam margin peta, atau pada karakteristik lembar diterbitkan secara terpisah. peta topografi juga biasa disebut peta kontur atau peta topo. Di Amerika Serikat, di mana seri primer nasional yang diselenggarakan oleh sebuah grid 7,5 menit ketat, mereka sering disebut quads topo atau quadrangles. peta rupabumi konvensional menunjukkan topografi atau kontur tanah,, dengan cara garis kontur .Garis kontur merupakan kurva yang menghubungkan titik-titik berdekatan yang sama ketinggian. Dengan kata lain, setiap titik pada garis ditandai dari 100 m elevasi adalah 100 m di atas permukaan laut. Peta ini biasanya ditunjukkan tidak hanya kontur, tetapi juga setiap signifikan sungai atau badan lain dari air , hutan tutupan, built-up area atau bangunan individu (tergantung pada skala), dan fitur lainnya dan tempat menarik. Hari ini, peta topografi disusun dengan menggunakan fotogrametri interpretasi foto udara , lidar dan penginderaan jauh teknik. peta topografi yang lebih tua disusun dengan menggunakan tradisional survei instrumen.
Pada skala besar dilakukan survey yang disebut topografi dalam arti lama topografi , menampilkan berbagai elevasi dan bentang alam. Hal ini berbeda dengan yang lebih tua kadaster survei, yang terutama menunjukkan properti dan batas-batas pemerintahan. The first multi-sheet topographic map series of an entire country, the Carte géométrique de la France , was completed in 1789. Lembar pertama multi-seri peta topografi seluruh negara, yang géométrique Carte de la France, telah selesai pada tahun 1789. Topografi survei disusun oleh militer untuk membantu dalam perencanaan untuk berperang dan untuk emplacements defensif (demikian nama dan sejarah Inggris 's Ordnance Survey). Dengan demikian, informasi elevasi adalah sangat penting. Ketika mereka berkembang, seri peta topografi menjadi sumber daya nasional di negara-negara modern dalam perencanaan infrastruktur dan eksploitasi sumber daya. Di Amerika Serikat, fungsi pembuatan peta nasional yang telah bersama oleh kedua Army Corps of Engineers dan Departemen Dalam Negeri bermigrasi ke yang baru dibuat Amerika Serikat Geological Survey pada tahun 1879, di mana ia tetap sejak.
Peta rupabumi memiliki kegunaan beberapa pada hari ini: semua jenis geografis perencanaan atau berskala besar arsitektur , ilmu bumi dan banyak lainnya geografis disiplin, pertambangan dan usaha berbasis bumi lainnya; dan menggunakan rekreasi seperti hiking atau, khususnya, orienteering , yang menggunakan peta sangat rinci dalam persyaratan standar.









5.5    PROSEDUR KERJA
            Prosedur pembuatan  profil peta topograf,i antara lain :                    
1.    Membuat garis penampang yang kita inginkan pada peta
2.    Membuat potongan kertas sepanjang penampang yang kita buat
3.    Menggambar ulang titik-titik harga ketinggiaan yaang dilewati oleh garis penampang yang telah kita buat dan catat pula nilai ketinggiannya pada kertas atau mistar untuk diproyeksikan pada kertas blok milimeter.
4.     Mnghubungkan titik-titik proyeksi pada blok milimeter hasil proyeksi dari kertas.
5.    Memberikan keterangan-keterangan profil, bila profil melewati puncak bukit, sungaiatau zona depresi

5.6    DATA PENGAMATAN
peta 1 copy



















IMG_0003
peta e
5.7  PEMBAHASAN
Peta adalah gambaran suatu permukaan datar dari seluruh atau sebagian permukaan bumi untuk memperlihatkan kenampakan  fisik, politik atau yang lainnya yang dihubbungkan oleh  titik-titik dengan skala dan proyeksi tertentu. Peta topografi adalah petayang menggambarkan penybaran ukuran dan bentuk muka bumi. Gambaran tersebut ditunjukkan oleh garis-garis kontur, yaitu garis imajiner dipermukaan bumi yang menghubungkan titik-ttitik dengan ketinggian yang sama.Garis kontur selalu tertutup agar berakhir pada tepi peta, Kontur tertutup yang menunujukkan depresi harus dibedakan dengan kontur tertutup yang menunjukkan  bukit, garis kontur mencantumkan titik-titik acuan tertentu.
Sifat-saiaf garis kontur antara lain : Garis kontur tidak pernah saling berpotongan kecuali dalam keadaan ekstirm  seperti pada tebing yang menggantung; Garis kontuk tidak akan menyambung pada garis lain yang memilki indeks kontur berbeda; gari kontur akan merenggang bila topografi melandai dan akan merapat bila topografi curam; Pada lembah, garis kontur akan meruncing karah hulu. peta berfungsi sebagai alat peraga, media pembelajaran, catatan visual permanen, alat komunikasi dan alat analisis. Syarat-syarat peta yaitu Jelas dan tidak membingungkan, mudah dimengerti maknanya dan memberi gambaran mirip dengan wujud dan letak yang sebenarnya. Judul peta, mencerminkan isi peta, Skala peta, merupakan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak di lapangan. Skala dapat dibagi menjadi: Skala angka (numerik) : skala yang dinyatakan dengan angka. Contoh pada peta Indonesia skala 1:20.000.000 artinya 1 cm pada peta sama dengan 20.000.000 cm di lapangan atau 200 km. Skala garis (grafis) : skala yang ditunjukkan dalam bentuk garis
Pada praktikum ke lima ini dengan percobaan pembuatan peta topografi ada beberapa jenis peta topografi yang dibuat dengan cara menghubungan titik-titik ketinggaian yang sama dengan menggunakan garis kontur untuk mengetahui ketinggian tertentu dengan interval kontur yanng tertentu. Untuk membuat peta topografi maka harus digunakan garis kontur untuk mengetahui ketinggian yang sama. Garis kontur dalah garis-garis yang memnghubungkan antara titik yang satu dengan titik yang lain dengan ketinggian yang sama.
5.8    PENUTUP
5.8.1        KESIMPULAN
Berdasarkan hasil praktikum pembuatan peta topgrafi, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa :
a.       Peta adalah gambaran suatu permukaan datar dari seluruh atau sebagian permukaan bumi untuk memperlihatkan kenampakan  fisik, politik atau yang lainnya yang dihubbungkan oleh  titik-titik dengan skala dan proyeksi tertentu. dan Peta topografi adalah petayang menggambarkan penybaran ukuran dan bentuk muka bumi.
b.      Untuk membuat peta topografi maka harus digunakan garis kontur untuk mengetahui ketinggian yang sama. Garis kontur dalah garis-garis yang memnghubungkan antara titik yang satu dengan titik yang lain dengan ketinggian yang sama.
5.8.2        SARAN
Saran yang dapat saya ajukan dalam acara peta topografi ii adalah saharusnya waktu yang digunakan lebih lama. Agara hasil yang diperoleh maksimal dan praktikan lebih memahami lagi cara pembutan peta topografi.

DAFTAR PUSTAKA

Firdaus, 2011. Penuntun Praktikum Geologi Dasar. Universitas haluoleo. Kendari.
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.can-do.com/uci/lessons98/Topographic.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar